Rabu, 28 Oktober 2015

Prospek Kerja Jurusan Farmasi

Prospek Kerja Jurusan Farmasi


  Pertama kali yang kita tahu tentang farmasi adalah obat. Di jurusan farmasi memang kenyataannya kita akan belajar tentang obat-obatan yang mencakup kimia, biologi, bahkan juga manajemen dan pemasaran.Mahasiswa farmasi akan banyak menghafal tentang nama-nama senyawa kimia, kode-kode obat, nama-nama tanaman obat, dan sebagainya.
   Setelah mahasiswa menyelesaikan sarjana strata 1 dengan gelar S.farm kemudian mahasiswa dapat melanjutkan ke jenjang profesi apoteker kurang lebih 1-2 tahun.

Prospek Kerja Jurusan Farmasi:

1. Tenaga Pendidik dan Peneliti Farmasi
    Mahasiswa lulusan jurusan farmasi dapat menjadi seorang dosen namun sekarang untuk menjadi seorang dosen di haruskan untuk memiliki gelar master. namun, bisa juga untuk menjadi seorang guru di SMK jurusan Farmasi. Juga dapat bekerja di badan penelitian pemerintah seperti LIPI dan Balitro
2. Instansi Pemerintah (Pegawai Negeri Sipil)
    Dapat bekerja di BPOM, Kementrian kesehatan dan dinas-dinas kesehtan didaerah, Rumah-rumah sakit Pemerintah, dan Puskesmas.
3. Sektor Swasta
     dapat juga bekerja di pabrik atau perusahaan farmasi swasta yaitu seperti kimia farma, kalbe farma, bio farmas, mustika ratu, dan masih banyak lagi.
4. Rumah sakit swasta, Apotek, Laboratorium Klinik
     Bidang layanan kesehatan seperti rumah sakit, apotek, dan laboratorium klinik adalah bidang utama yang dapat dimasuki oleh lulusan sarjana farmasi atau bahkan dapat mendirikan apotek jika sudah mendapatkan gelar profesi apoteker.

   Itulah sedikit review tentang prospek kerja lulusan sarjana farmasi, semoga bermanfaat untuk teman- teman yang sedang bingung dalam memilih jurusan farmasi ini. Tetap semangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar